lika liku ‘coming out’ dunia gay

membuat sebuah pengakuan kepada seseorang ataupun kepada orang terdekat kita merupakan suatu keputusan yang sangat berat dilakukan apalagi mengenai orientasi seksual yang kita alami dan ditambah dengan isu kaum kita yhang semakin lama sepertinya semakin deras saja terdengar. dan sialnya isu yang muncul selalu berkaitan dengan isu negatif, bukan positifnya.

menjadi seorang yang memiliki orientasi seksual yang sedikit berbeda di lingkungan yang menganggap isu tersebut sangat tabu dan dikaitkan dengan isu agama, kodrat atau apapun itu meskipun populasi orang yang memiliki pikiran terbuka sudah semakin banyak. sialnya, bisa saja orang terdekat kita seperti sahabat dan keluarga tidak bisa menerima kondisi kita bila kita mengaku ke mereka. aku bukannya takut, tetapi menurutku sesuai dengan situasi yang sudah kullihat sepertinya coming out di keluargaku merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan, resiko terlalu besar.

pertanyaannya apakah aku sama sekali menutup orientasiku? jawabannya adalah tidak.
aku sudah coming out ke beberapa orang sahabatku yang menurutku cukup bisa menerimaku.jadi jika kalian sedikit bingung untuk mengambil keputusan untuk coming out aku ada bebrapa trik yang bisa digunakan sebelum kalian mengaku untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

langkah #1: cari situasi dan kondisi yang tepat.
kita harus memperhatikan waktu dan kondisi yang tepat karena tidak mungkin kita memulai pembicaraan mengenai topik seperti ini ketika lawan bcara kita sedang tidak dalam mood yang baik. usahakan juga tempat ngobrolnya yang cozy dan sejuk biar pikiran juga ikut sejuk. saran terakhir usahakan juga memulai pembicaraan seperti ini sesudah makan. karena kalau perut sudah kenyang biasanya orang lebih tenang dan lebih berpikiran jernih.

langkah #2: jangan langsung masuk ke topik utama, disarankan ngalor ngidul dulu
karena yang kita utarakan adalah isu yang berat dan sangat berbahaya. maka kita jangan langsung to the point. ngobrol yang ringan2 dulu.

langkah #3: mulai nyepet2 ke obrolan yang berbau gay
mulai singgung sedikit demi sedikit, tanyakan bagaimana perspektifnya tentang kasanya akan kaum LGBT. bisa dipastikan akan ada 3 kemungkinan jawaban. mendukung, menolak, dan bodo amat. jawaban bodo amat juga biasanya akan bercabang menjadi 2. bodo amat positif dan bodo amat negatif.
jika jawaban dari lawan bicara kalian menolak atau bodo amat versi negatif, apalagi kalo udah bawa2 isu tentang agama, kodrat, dll maka saranku sebaiknya kalian jangan coming out dan segera hentikan pembicaraan mengenai topik itu. ambil topik lain.
jika jawaban lawan bicara mendukung atau bodo amat versi positif maka kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

langkah #4: mengaku
ini langkah akhir yang harus kalian lakukan. kalian bisa langsung ngaku kalau kalian gay atau kalian juga bisa mengaku secara eksplisit dengan pertanyaan seperti “menurut kamu gimana kalau aku ternyata gay?”. dan biasanya kalo sampai tahap ini kemungkinan diterima akan lebih besar. karena kalian juga harus pintar2 membaca situasi sebelum masuk langkah keempat ini. sebenarnya langkah keempat ini belum bisa memastikan bahwa mereka akan menerima kondisi kamu dengan lapang dada, anggap aja ‘gambling’ :p

sedikit bercerita, beberapa temanku yang sudah menerima kondisiku dengan mempraktikkan langkah2 yang sudah aku kasitau tadi. tapi lucunya ada juga yang ga sengaja ketahuan. kalo diingat2 lucu juga.
tapi gays, aku juga ga menyarankan untuk coming out kecuali kalian benar2 yalin. karena kita tidak tahu juga kedepannya bagaimana. tapi kalau menurut kalian sudah saatnya untuk mereka mengetahui yang kalian alami dan rasakan maka lakukanlah.
semangat🙂

salam,

nerdypig

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s