opini sahabat yang sedikit menyakitkan tentang gay

halo blog, aku hampir lupa punya halaman ini sebelum aku mengecek email tadi malam. jadinya kuputuskan untuk mulai menulis lagi disini meskipun popularitas blog sudah sangat menurun dari sebelumnya.

sedikit pembaruan mengenai kehidupanku belakangan, sudah setahun aku akhirnya melanjutkan hidup di sebuah kota kecil yang sama sekali tak pernah terpikirkan olehku, sebuah kota yang kehidupannya sangat berbanding terbalik dengan ibukota maupun kampung halamanku.
di kota kecil ini aku berusaha bertahan dengan tidak hanya mengenal orang-porang di lingkungan kerja, tapi aku mulai menjalin relasi dengan warga sekitar yang sedikit banyak memiliki kesamaan dalam obrolan.

2 orang teman baruku ini adalah pasangan suami istri muda yang lumayan menyenangkan. adalah sebuah kebetulan ketika kami bertemu dan ternyata cocok (meskipun katanya tidak ada yang kebetulan di dunia ini) hingga akhirnya berteman akrab.

suatu hari obrolan kami berujung pada sebuah topik sensitif, yaitu orientasi seksual. aku tidak mengakui orientasi seksualku pada mereka karena aku belum begitu percaya (dan untungnya aku tidak membuka diri) pada mereka.

belakangan di media memang sedang gencar-gencarnya membahas mengekspose topik LGBT, sehingga topik itu juga tidak luput dari obrolan kami. sore itu temanku berkata bahwa LGBT itu adalah sebuah penyakit kejiwaan yang menular dan harus dimusnahkan karena gay itu adalah kaum biadab yang menjijikkan. ia berkata bahwa binatang saja tahu mana jantan dan betina, berarti kaum gay itu lebih rendah dari binatang. kemudian temanku yang satunya menambahkan “kalo doyan sama burit, kenapa ga ditusuk ke burit bininya aja? kan sama2 burit. orang2 jaman sekarang emang suka aneh2.”

perkataan itu tentu saja sangat menohok dan menyakitkan di telingaku, karena aku adalah salah satu bagian dari kaum yang dicerca itu. pada akhirnya aku hanya tersenyum bukan berarti membenarkan perkataannya dan berusaha mengganti topik pembicaraan.

obrolan itu terus berputar di kepalaku hingga berhari-hari kemudian. sejauh ini yang kubaca semua obrolan ini tidak akan ada titik temunya jika lawan bicara tetap berlandaskan pada agama dan ‘moral’ yang secara tidak langsung menganggap kaum gay seperti kita adalah orang-orang ammoral yang hanya melakukan hubungan sex secara sembarangan.

dari apa yang kubaca (CMIIW) setahuku perilaku homoseksualitas bukan hanya ada pada¬† sepesies manusia saja, melainkan kepada spesies lain yang sudah mengerti arti “pelasure” dalam hubungan seksual, dalam arti bukan hanya melakukan proses reproduksi saja. seperti contohnya lumba-lumba dan beberapa spesies monyet atau kera. dan sedihnya hanya pada spesies manusia saja yang melakukan intimidasi terhadap perilaku itu.

secara sekilas aku juga pernah membaca dan mendengar dari praktisi kesehatan dan jiwa bahwa homoseksualitas bukanlah penyakit yang menular. kesimpulan seperti ini cukup sering membuatku meradang karena omongan orang yang seakan2 jijik kepada kaum gay yang katanya takut “diapa-apain” dan takut ketularan. padahal dari pengalaman pribadiku, aku sendiri punya tipe tersendiri atas orang yang ingin kudekati. bukan berarti aku mau menggoda semua laki2 di sekitarku. istilah menular juga sepertinya tidak mungkin karena sampai sekarang belum ada ditemukan bakteri penyebab gay ataupun virus penyebab gay. ironisnya lagi, temanku yang berkata demikian adalah seorang praktisi kesehatan. sepertinya ia kurang banyak membaca.

yang ketiga orang2 sering menggampangkan kaum gay seperti kita. orientasi seksual bukan masalah memilih semudah memilih menu makan siang di MCD. dan pada akhirnya mereka akan tetap membenarkan diri mereka karena mereka sendiri belum pernah menjalani kehidupan seperti yang kami alami dan kemudian disimpulkan dengan gay selalu salah.

gay bukan penyakit menular
gay tidak sejahat yang kalian pikirkan

Leave a Reply

